KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata pelajaran Siskom.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu,kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi pembaca dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Singaraja, 11 November 2015
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahsa pemrograman.
1.2. RUMUSAN MASALAH
Simbol blok dan fungsinya
Simbol cabang tunggal dan fungsinya
Simbol cabang rangkap dan fungsinya
Simbol pengulangan syarat dan tanpa syarat
Simbol program bagian dan fungsinya
Sertakan penerapan simbol-simbol pada kehidupan sehari-hari
1.3. TUJUAN
Dapat mengetahui simbol blok dan fungsinya
Untuk mengetahui simbol cabang tunggal dan fungsinya
Dapat mengetahui simbol cabang rangkap dan fungsinya
Dapat mengetahui simbol pengulangan syarat dan tanpa syarat
Dapat mengetahui simbol program bagian dan fungsinya
Dapat menerapan simbol-simbol pada kehidupan sehari-hari
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Simbol Blok Dan Fungsinya
Block chart berfungsi memodelkan masukkan, keluaran, refrensi, master, proses ataupun transaski dalam simbol-simbol tertentu. Pada dasarnya tidak berorientasi pada fungsi, waktu ataupun aliran data tetapi lebih ke arah proses (saling melengkapi dengan PS). Simbol-simbol yang digunakan dalam Block Chart, relatif umum digunakan dalam banyak sistem dan terdiri dari:
2.2. Simbol Cabang Tunggal Dan Fungsinya
Berfungsi mempresentasikan grafik dari langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan sesuatu permasalahan yang terdiri dari simbol dimana masing-masing simbol mempresentasikan kegiatan tertentu.
Terminator
Untuk menandai dan mengakiri suatu flowchart
| |
Input-Output
Untuk menyatakan operasi pemasukan data dan pengeluaran
| |
Proses
Untuk menyatakan kegiatan pemrosesan input
| |
Decision
Untuk pemeriksaan suatu kondisi
| |
Page Conector
Untuk menghubungkan suatu langkah ke langkah yang lain
| |
Off page connector
Menghubungkan suatu langkah dengan langkah lain dihalaman berbeda.
| |
Flow lines
Untuk menghubungkan setiap langkah dan menunjukan arah diagram flowchart
| |
Preparation
Untuk proses pemberian harga awal
| |
Predefined proses
Untuk melakukan pemanggilan suatu prosedur program utama
|
2.3. Simbol Cabang Rangkap Dan Fungsinya
2.4. Simbol Pengulangan Syarat Dan Tanpa Syarat
Pengulangan adalah suatu pekerjaan yang dilakukan secara berulang sampai kondisi tertentu.digunakan untuk menghasilkan pengulangan beberapa kali.
Macam-macam pengulangan
a. For
b.while
c.Do-while
c.Do-while
Struktur penggolongan for
Pseudcode,perubahan nilai awal ke nilai akhir
Struktur Branching / Percabangan
- Bersyarat
Diagram yang alurnya ada / banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan dan terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu kondisi dengan dua pilihan BENAR/SALAH. Struktur dari percabangan yang bersyarat terdiri dari:
- If Then
- If Then Else
- If Then Else If
- Case of
2. Tidak Bersyarat
Struktur : GO TO
Bentuk umum penulisannya adalah GO TO Label
2.5. Simbol Program Bagian Dan Fungsinya
Subroutine atau procedure adalah suatu blok program terpisah yang digunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan tertentu. Kegunaan yang umum dari subroutine adalah menghemat kode program bila terjadi proses yang sama diulang berkali-kali. Salah satu bentuk subroutine di dalam visual basic dikenal dengan event dari komponen Pada bab-bab sebelumnya sudah banyak digunakan subroutine ini.
Subroutine adalah suatu prosedur yang berada di dalam program RPG(Report Program Generator) memungkinkan dipanggil/diproses berulang-ulang. Penulisan sub routine berada dibawah program utama atau folder, diantara begsr dan endsr.
- Begsr (Begin SubRoutine)
Operasi begsr menunjukkan awal dari sebuah sub routine RPG/400. Faktor1 berisi nama dari sub routine.
- Endsr (End of Sub Routine)
Operasi endsr menunjukkan akhir dari sebuah sub routine.
- Exsr (Execute Sub Routine)
Operasi Exsr menyebabkan nama sub routine yang ada di faktor 2
diproses
diproses
2.6. Penerapan Simbol-Simbol Pada Kehidupan Sehari-Hari
Algoritma menulis surat :
a. Mempersiapkan kertas dan amplop
b. Mempersiapkan alat tulis, seperti pena atau pensil
c. Mulai menulis
d. Memasukkan kertas ke dalam amplop
e. Pergi ke kantor pos untuk mengeposkan surat tersebut
BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung
3.2. SARAN
Demikian yang dapat saya paparkan, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan. Saya banyak berharap agar para pembaca memberikan kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan berikutnya.Semoga makalah ini berguna dan bermanfaat.
No comments:
Post a Comment