DMCA.com Protection Status

Monday, December 7, 2015

Bandwidth dan Throughput


KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmatnya , sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas Komunikasi Data. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.

Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.


Singaraja, 9 November 2015




Putu Diva Indrawan







DAFTAR ISI







BAB I

PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Internet sudah tidak asing lagi pada zaman sekarang ini. Hampih semua orang di dunia mengenal yang namanya Internet, dan yang paling sering dicari adalah informasi dll. Apa lagi internet bias memudahkan orang untuk berkomunikasi jarak jauh. Di dalam internet terdapat istilah Bandwidth dan troughput yang akan dijelaskan pada makalah ini

1.2. RUMUSAN MASALAH

  1. Apakah yang dimaksud dengan bandwidth ?
  2. Apakah yang dimaksud dengan throughput ?
  3. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis bandwidth ?
  4. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi bandwidth dan throughput ?
  5. Jelaskan perbedaan antara bandwidth dan throughput berdasarkan contoh !

1.3. TUJUAN

  1. Dapat mengetahui pengertian bandwidth
  2. Dapat mengetahui pengertian throughput
  3. Dapat menyebebutkan dan menjelaskan jenis-jenis bandwidth
  4. Dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi bandwidth dan throughput
  5. Dapat mengetahui perbedaan antara bandwidth dan throughput berdasarkan contoh






BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Pengertian bandwidth

Bandwidth adalah banyaknya ukuran suatu data atau informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam sebuah network di waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun data digital.

2.2. Pengertian throughput

Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu. Waktu download terbaik adalah ukuran file dibagi dengan bandwidth. Sedangkan waktu aktual atau sebenarnya adalah ukuran file dibagi dengan throughput.

2.3. Jenis-jenis bandwidth

Bandwith dibagi menjadi dua jenis yaitu :
  1. Up Stream adalah bandwith yang dugunakan untuk mengirim data ( misal mengirim file melalui Ftp ke salah satu alamat jaringan),  sedangkan
  2. Down Stream adalah Bandwith yang digunakan untuk menerima data ( misal menerima file atau data dari satu alamat jaringan). Besarnya tiap komponen Bandwith tersebut dapat tidak sama atau sama satu sama lain.

2.4. Faktor-faktor yang mempengaruhi bandwidth dan throughput

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi bandwidth dan throughput :
  1. piranti jaringan
  2. Tipe data yang ditransfer
  3. topologi jaringan
  4. banyaknya pengguna jaringan
  5. spesifikasi komputer client/user
  6. spesifikasi komputer server
  7. media transfer

2.5. Perbedaan antara bandwidth dan throughput berdasarkan contoh

Kalau Bandwidth banyaknya ukuran suatu data atau informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain, sedangkan Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu.
Contohnya seperti :
Bandwidth
Mengirim pesan dari satu HP ke HP lain
Troughput
Download file di youtube dengan size 2Mb dengan bandwidth 1 Mb dengan waktu tertentu















BAB III

PENUTUP

3.1. KESIMPULAN

Bandwidth adalah banyaknya ukuran suatu data atau informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam sebuah network di waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun data digital dan Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu. Waktu download terbaik adalah ukuran file dibagi dengan bandwidth. Sedangkan waktu aktual atau sebenarnya adalah ukuran file dibagi dengan throughput.Bahwa Bandwidth dan Troughput adalah hal yang sangat penting yang harus kita ketahui untuk dapat browsing atau berselancar di internet dengan sesuai yang kita harapkan. Bandwith dibagi menjadi dua jenis yaitu : Up Stream dan Down Stream, faktor-faktor yang mempengaruhi bandwidth dan throughput : piranti jaringan, tipe data yang ditransfer, topologi jaringan, banyaknya pengguna jaringan, spesifikasi komputer client/user, spesifikasi komputer server dan media transfer.

3.2. SARAN

Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi kebutuhan bandwidth, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannyan. Saya banyak berharap agar para pembaca memberikan kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan bermanfaat.




DAFTAR PUSTAKA


JOBSHEET KEBUTUHAN BANDWIDTH

No comments:

Post a Comment