DMCA.com Protection Status

Tuesday, May 3, 2016

Fungsi Pada Pemrograman

Soal :
  1. Apa yang dimaksud dengan fungsi pada pemrograman komputer
  2. Apakah alasanya menggunakan fungsi
  3. Jelaskan cara pemanggilan fungsi didalam sebuah fungsi
  4. Apakah yang dimaksud dengan argumen
  5. Apakah perbedaan antara fungsi dengan prosedur
  6. Buatlah program sederhana menggunakan fungsi

Jawaban :
  1. Fungsi adalah kumpulan pernyataan yang melakukan tugas tertentu, atau bagian dari program yang dimaksudkan untuk mengerjakan suatu tugas tertentu dan letaknya dipisahkan dari program yang menggunakannya.
  2. Alasan menggunakan fungsi
  1. Untuk memecah suatu program ke dalam sebuah program yang lebih kecil sehingga mudah dikelola
  2. Untuk menyederhanakan program
  3. Menggunakan fungsi program yang dibuat berjalan lebih cepat dan dengan ukuran yang sangat kecil dibanding dengan yang lainnya. 
  4. Memecahkan program yang rumit dan besar menjadi program-program yang lebih sederhana atau kecil.
  5. Untuk aktivitas yang dilakukan lebih dari satu kali / sering dilakukan berulang-ulang.
  6. Meningkatkan kemampuan untuk menganalisis kesalahan, jika terjadi suatu kesalahan kita tinggal mencari fungsi yang bersangkutan saja dan tak perlu di seluruh program.



  1. Cara pemanggilan fungsi dalam sebuah fungsi :
  1. $varibel_hasil_fungsi adalah variabel yang akan menampung hasil pemrosesan fungsi. Tergantung fungsinya, hasil dari sebuah fungsi bisa berupa angka, string, array, bahkan objek.
  2. nama_fungsi adalah nama dari fungsi yang akan dipanggil
  3. argumen1, argumen2 adalah nilai inputan fungsi. Banyaknya argumenyang dibutuhkan, tergantung kepada fungsi tersebut. Jika sebuah fungsi membutuhkan argumen 2 buah angka, maka kita harus menginputnya sesuai dengan aturan tersebut, atau jika tidak, PHP akan mengeluarkan error.

  1. Argument adalah nilai-nilai yang akan dikirim pada sebuah fungsi
  2. Perbedaan fungsi dan prosedur :
  1. Pada fungsi, nilai yang dikirimkan balik terdapat pada nama fungsinya (kalau pada prosedur pada parameter yang dikirimkan secara acuan).
  2. Karena nilai balik berada di nama fungsi tersebut, maka fungsi tersebut dapat langsung digunakan untuk dicetak hasilnya. Atau nilai fungsi tersebut dapat juga langsung dipindahkan ke pengenal variable yang lainnya.
  3. Nama Prosedur tidak dapat digunakan lagsung tidak seperti pada Nama Fungsi, yang dapat langsung digunakan dari sebuah prosedur adalah parameternya yang mengandung nilai balik.
  4. Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara prosedur dan fungsi pada Bahasa C, hanya dibedakan dari return value. Jika suatu sub program tersebut memiliki nilai balik (return value) maka sub program tersebut disebut Function (Fungsi) jika tidak memiliki nilai balik maka sub program tersebut merupakan prosedure (Procedure).





  1. Program sederhana menggunakan fungsi







Output Program :


No comments:

Post a Comment