DMCA.com Protection Status

Monday, May 2, 2016

Perawatan Software Dan Hardware Komputer


KATA PENGANTAR


Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan pertolonganNya saya dapat menyelesaiakan Makalah yang berjudul ‘komputer terapan jaringan dan piranti pendukung jaringan’. Meskipun banyak rintangan dan hambatan yang kami alami dalam proses pengerjaannya, tapi saya berhasil menyelesaikannya dengan baik.

Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu Guru pembimbing yang telah membantu saya dalam mengerjakan proyek makalah  ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman XI.TKJ 4 yang juga sudah memberi kontribusi baik langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan makalah ini

Tentunya ada hal-hal yang ingin kami berikan kepada masyarakat dari hasil makalah  ini. Karena itu saya berharap semoga makalah ini dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi kita bersama dan mampu kita kembangkan materi computer terapan jaringan an piranti pendukung jaringan di sekolah.

Pada bagian akhir, kami akan mengulas tentang berbagai masukan dan pendapat dari orang-orang yang ahli di bidangnya, karena itu kami harapkan hal ini juga dapat berguna bagi kita bersama.

Semoga makalah yang kami buat ini dapat membuat kita mencapai kehidupan yang lebih baik lagi.

Singaraja,30 Maret 2016
Penyusu
DAFTAR ISI







BAB I

PENDAHULUAN


    1. LATAR BELAKANG

Perawatan computer adalah hal yang harus paling di perhatikan bagi pengguna computer, karena hal itu sangat berpengaruh. Apabila computer terawat dengan baik dan sering di lakukan maka computer tidak akan cepat rusak, tetapi apabila pengguna mengabaikan perawatan computer maka computer akan mudah rusak.
       Perawatan computer minimal di lakukan satu minggu sekali, tetapi akan lebih baik lagi apabila di lakukan setiap sudah di pakai.
Perawatan computer di bagi menjadi dua bagian, yaitu:
   Perawatan secara hardware, dan
    Perawatan secara software
Perawatan secara hardware adalah merawat komponen-komponen computer, seperti motherboard, harddisk, cd room, dll.
Perawatan secara software adalah merawat software-software  yang ada di dalam computer, seperti , secaning computer dengan anti virus, mendefrag harddisk,membuang sampah-sampah sisa penginstalan, dll.

    1. RUMUSAN MASALAH

  1. Sebutkan alat-alat yang di perlukan untuk melakukan perawatan hardware
  2. Sebutkan langkah-langkah perawatan perangkat lunak/software pada PC/Laptop
  3. Sebutkan langkah-langkah perawatan perangkat keras/hardware pada PC/Laptop
    1. MANFAAT

  1. Dapat mengetahui cara perawatan software pada PC/Laptop
  2. Dapat mengetahui cara perawatan hardware pada PC/Laptop

BAB II

PEMBAHASAN


    1. Alat-alat yang diperlukan untuk perawatan PC/Laptop

Penyedot Debu mini hampir sama dengan Kuas Yang Digunakan Untuk Menghilangkan Debu, Namun Penyedot Debu Lebih Mudah Dan Lebih Bersih.
Pada ujung Penyedot debu mini Dilengkapi dengan sikat dengan ukuran sikat yang beragam dimaksudkan untuk menyesuaikan luas sempit'a sudut" pada komponen alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan rangkaian 
di Mainboard dan di sudut" Casing Komputer.
https://s2.bukalapak.com/img/6/9/2/5/7/3/7/large/

Kain kering Atau Tisu Digunakan Untuk Membersihkan Kotoran cair yang mungkin akibat softdrink,tinta atau air hujan yang masih segar atau belum mengering kotoran cair sangan bahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus sehingga dapat mengakibatkan hubunga pendek atau kerusakan fatal pada komponen  Pc.  Sedangkan Cairan Pembersih digunakan Untuk Membersihkan Noda atau kotoran cairan yang sudah mengering Seperti percikan dari tinta printer.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVHnFwAh9sGIUELnHO885WtN66dbhyNRClF6Ecal5rRU_aPenrKAOaH1uMvz1fxAH41UQ1VFAmiB5d7HJHGpFBE60xnDw_BGO62eqnDn5eLG5anusZqfC0UrXbj1ulEPHymlbG8l_IFxyn/s1600/

Kuas merupakan Peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu atau serangga-serangga selain itu kuas juga digunakan untuk Membersihkan debu-debu Yang menutup pada ventilasi Casing, Kuas dapat digunakan Untuk Membersihkan Motherboard Dari sirip Heatsink Pada Processor
https://tokootomotif.com/wp-content/uploads/2015/12/

Disk Cleaner digunakan Untuk membersihkan Head disk Drive Dari pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head ploppy drive. Disk Cleaner Terdiri dari Cairan Pembersih dan Ploppy Disk yang Piringanya Diganti dengan kertas Tisu
http://www.wisecleaner.com/templates/images/wisediskcleaner/
Cd Cleaner Prinsip Kerjanya Sama Dengan Disk Cleaner Yaitu Menggosok Bagian Yang berdebu / Kotoran dengan cairan Pembersih dengan memanfaatkan Putaran. Perbedaan Disk Cleaner Dengan  Cd Cleaner Hanya terletak Pada Bentuknya  Yaitu Pada Cd Cleaner Menggunakan Sikat Kecil Atau Sirip Yang dipasang Pada Disk.
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/

Merupakan Peralatan Penting Bagi Para Teknisi Komputer Karena Dengan Alat Inilah Teknisi Mampu membuka dan melepas komponen dalam Pc
http://beta286.print.kompas.com/tipsklasika/wp-content/uploads/sites/8/2015/03/
Jenis Tang dalam Keperluan Teknisi dalam Melakukan Perawatan Pc Adalah Tang Cucut Dan tang kombinasi, Tang cucut banyak digunakan untuk Memegang kepala skrup atau jumper yang kecil, sedangkan untuk tang kombinasi digunakan untuk memotong kabel dan keperluan lainya..
http://m.otopartshop.com/img/product/


    1. Langkah-langkah perawatan software pada laptop

    • Hidup dan matikan komputer sesuai prosedur yang benar. Pada sistem operasi Windows, lakukan selalu proses Shutdown sehingga saat menghidupkan kembali komputer tidak terjadi masalah dengan sistem operasi.

    • Gunakan program bantu anti virus. Dan secara berkala lakukan scanning terhadap file-file yang ada pada komputer sehingga kemungkinan keberadaan virus dapat terdeteksi lebih dini. Sebaiknya kurangi transfer dengan media disket

C:\Users\Diva\Pictures\komter\scan virus\2.png

.
    • Lakukan backup data secara berkala. Hal ini berguna untuk menjaga kemanan data, mengurangi penggunaan kapasitas media penyimpan dan memudahkan endistribusian data jika dibutuhkan.
C:\Users\Diva\Documents\ScreenShot_20160426193059.png

    • Untuk keamanan data gunakan selalu UPS dan Stavol agar jika sewaktu-waktu aliran listrik padam, masih ada cukup waktu untuk menyimpan pekerjaan lalu melakukan Shoot Down sesuai prosedur.
    • Lakukan penataan disk (hard disk drive) secara rutin. Karena seperti telah diuraikan di muka, proses hapus tulis pada media penyimpan (hard diskdrive), mengakibatkan susunan atau struktur file menjadi tidak teratur. Gunakan program bantu seperti Scandisk dan Defrag.
C:\Users\Diva\Documents\ScreenShot_20160426193206.png

  • Sebaiknya tidak melakukan instalasi sistem aplikasi yang tidak dibutuhkan walaupun komputer masih mampu. Semakin padat sistem konfigurasi perangkat lunak pada sistem operasi, akan memperiambat kinerja komputer.
  • Menghapus File Sampah Yang dimaksud dengan file sampan disini adalah file yang tidak diperlukan lagi dalam sistem ini. Periksa dan hapus dengan software ccleaner.
    1. Langkah-langkah perawatan hardware pada laptop

  1. Mouse
  1. Jauhkan mouse anda dari benda cair yang mudah jatuh Cara yang pertama ini mungkin ada keterkaitan dengan kebiasaan anda. Bagi kebanyakan orang yang senang online mungkin tidak asing lagi dengan hal ini. Biasanya bila orang yang senang online selalu tidak luput dari makanan ringan ataupun minuman seperti snack, gorengan, teh, kopi, mie rebus, dll. Bila anda termasuk orang yang mempunyai kebiasaan seperti itu, maka mulai saat ini jangan biasakan meletakkan benda-benda cair di dekat laptop atau mouse anda. Karena jika benda cair itu tumpah maka akan membuat alat alat elektronik anda menjadi bermasalah.

  1. Pastikan tangan anda kering sebelum memegang mouse. Bila tangan anda sedang basah, alangkah baiknya terlebih dahulu anda keringkan sebelum anda memegang mouse. Hal ini dimaksudkan agar mouse tidak terkena rembesan air pada tangan anda.pada saat anda memegang mouse.

  1. Saat anda mengklik mouse, usahakan jangan terlalu kasar Kebiasaan inilah yang paling sering merusak mouse.Hal seperti ini kerap terjadi ketika seseorang sedang marah atau kesal terhadap koneksi yang lambat atau komputer berat, biasanya kerap mengklik mouse dengan kasar atau bahkan membanting mouse. Bila anda menginginkan mouse anda tahan lama dan awet, jangan pernah lakukan hal seperti itu.


  1. Gunakanlah mouse pad Sebaiknya anda selalu menggunakan alas untuk mouse (Mouse pad) saat anda bekerja, hal ini dimaksudkan agar mouse anda selalu terjaga kebersihannya. Bila anda menggunakan mouse optik, usahakan jangan menggunakan alas yang mengkilap.
  2. Gunakan Joystick ketika bermain game Bila anda senang bermain game, sebaiknya anda membeli joystick untuk bermain. Jangan anda gunakan mouse untuk bermain, karena mouse fungsinya bukanlah untuk bermain game. Dengan begitu anda tidak perlu menggunakan mouse untuk bermain game, bila anda menggunakan mouse maka akan merusak mouse anda.
  3. Perhatikan Kebersihan Optik Mouse Anda Sebaiknya anda rutin membersihkan optic mouse anda. Anda dapat membersihkan tiap 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali dengan menggunakan alcohol atau cutton bud.
  4. Pastikanlah kabel mouse anda aman Selalu cek dan perhatikanlah mouse anda. Jangan sampai kabel mouse anda tidak terjepit meja komputer.

  1. Keyboard
  1. Seminggu sekali bersihkan keyboard dan tombol-tombolnya dari debu menggunakan kuas atau penyedot debu, saya sih biasanya suka menjemurnya juga barang beberapa menit setelah dibersihkan, supaya kuman-kumannya mati, soalnya katanya keyboard ini merupakan salah satu tempat favorit kuman-kuman berkumpul. 

  1. Casing
  1. Tempatkan casing komputer dan monitor komputer di sebuah meja yang kokoh alias tidak bergoyang-goyang. 
  2. Usahakan agar ruangan tempat kalian menyimpan komputer bebas dari debu atau selalu dalam keadaan bersih, karena casing komputer memiliki beberapa fan atau kipas yang berfungsi untuk menyedot udara segar dari luar, yang tentunya otomatis debu-debu halus pun ikut tersedot jika ruangannya kotor. 
  3. Sekitar 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali, buka casing komputer dan bersihkan semua komponen-komponennya dari debu menggunakan penyedot debu atau bisa juga menggunakan kuas halus, terutama debu-debu yang menumpuk di dalam fan dan heatsink. 

  1. Prosesor
  1. Pastikan sebelum membuka hardisk,ruangan stril dari debu
  2. Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan seperti kuas,penyedot debu,obeng,dll
  3. Cek dan pastikan kondisi pheriferal semua dalam kondisi baik dan benar keadaannya
  4. Lepaskan heat sink fan dan prosesor dari tempatnya
  5. Bersihkan heatsink meenggunakan penyedot debu
  6. Bersihkan fan dari debu dan ingat jangan sampai kipas fan ikut berputar
  7. Bersihkan atas prosesor dari debu dan kotoran
  8. Pasang kembali prosesor dan olesakan thempral paste (pasta) pada prosesor
  9. Pasang kembali heatsink seperti semula lalu cek sudah PC kalian

  1. RAM
  1. Jangan terlalu sering membongkar pasang beberapa komponen seperti RAM dan video card, kedua komponen ini berdasarkan pengalaman saya sering bermasalah jika terlalu sering dibongkar pasang, suka tidak ter-detect pada saat komputer dinyalakan, mungkin slotnya jadi longgar atau lempengan-lempengan tembaganya terkikis karena keseringan dibongkar pasang. 
  2. Hal pertama yang harus dilakukan dalam membersihkan RAM adalah mengeluarkannya dari PC anda yang sebelumnya sudah tidak terhubung dengan aliran listrik. Kemudian siapkan kuas lembut dan kertas. Bagian pertama yang harus anda bersihkan adalah benkRAM atau tempat melekatnya memori. Bersihkan dengan menggunakan kuas. Untuk RAM yang tidak terbaca atau hanya dapat dibaca sebagian saja bisa menggunakan penghapus pensil. Pada bagian tembaga yang menempel dengan motherboard sebaiknya juga dibersihkan, apalagi bila terlihat ada karat di sana. Nah, sekarang RAM anda telah bersih dan bisa dipasang kembali ke PC. Untuk mengetahui hasilnya bisa menghidupkan PC anda.

  1. Hardisk
  1. Installlah sebuah antivirus untuk berjaga jaga apabila nantinya ada virus yang menyerang dan merusak data anda..kalo bisa antivirusnya harus rutin di update..liat daftar anti virus terbaru disini
  2. Usahakan untuk selalu melakukan backup data yang penting.
  3. Gunakan scandisk untuk mengecek apakah ada batsector didalam harddisk.
  4. selalu lakukan Defragment 2 minggu sekali agar data data didalam harddisk selalu tersusun rapi.
  5. Gunakan Software pihak ketiga untuk membersihkan junk file,duplikat file,dan recycle byn..anda bisa menggunakan System Cleaner
  6. Jangan terlalu sering mencabut dan memasang kembali harddisk kedalam CPU..karena Harddisk sangat sensitiv.jika terkena goncangan,maka data data didalam harddisk terancam hilang.
  7. jangan menyimpan data terlampau banyak.maksudnya jangan sampai free harddisk sampe tinggal beberapa kylobyte..tapi berilah ruang sedikit agar harddisk tidak terlalu sesak setidaknya sisakan sekitar 20 MB..apabila anda menggunakan OS Windows biasanya akan muncul warning jika harddisk kita terlampau penuh.
  8. uninstall program program yang tidak berguna agar tidak memberatkan harddisk
  9. Pakailah UPS atau Stavolt..Gunanya jika kita menggunakan UPS adalah apabila sewaktu kita sedang menggunakan komputer tiba tiba listrik padam,komputer tidak akan langsung mati.jadi kita bisa menyimpan dulu data baru dimatikan.Komputer yang tiba tiba mati tanpa di shutdown terlebih dahulu akan membuat harddisk cepat rusak.
  10. ventilasi yang cukup..jangan meletakkan CPU ditempat yang terlalu sesak atau sempit..karena bisa membuat udara tidak bisa keluar sehingga menyebabkan harddisk menjadi cepat panas.Jadi sebaiknya pilih CPU yang memiliki banyak kipas dan tempatkan ditempat yang agak luas..

  1. Monitor
  1. Seminggu sekali membersihkan layar monitor agar selalu terlihat kinclong dan sedap dipandang mata.
  2. Siapkan perlengkapan bersih-bersih, yaitu kain halus/ tissue, kuas, sikat lembut dan cairan pembersih.
  3. Pastikan komputer dalam keadaan mati dan putuskan setiap daya yang tersambung ke aliran listrik. Lepas kabel power supply dan koneksi ke CPU, kabel koneksi USB, Ethernet dan kabel lainnya.
  4. Proses pengelapan dengan kain halus atau tissue dilakukan secara perlahan dan dengan gerakan searah agar tidak terjadi goresan halus dipermukaannya.
  5. Jangan meletakkan monitor dekat dengan barang-barang elektronik yang memiliki kecenderungan menghasilkan medan elektromagnetik yang besar seperti televisi, speaker, tape dan lainnya karena akan menghasilkan gelombang elektromagnetik yang menggangu tampilan layar monitor itu sendiri.
  6. Jangan meletakkan monitor terpapar sinar matahari langsung.
  7. Bagian pinggir monitor dapat dibersihkan dengan pembersih serbaguna (umumnya berbahan dasar silicon) namun hati-hati agar tidak sampai terkena layar monitor itu sendiri


BAB III

PENUTUP


    1. KESIMPULAN

Perawatan adalah hal  yang harus paling di perhatikan oleh setiap user. Karena dengan peawatan secara berikala dapat menjauhkan computer dari kerusakan.
Perawatan computer di bagi menjadi dua bagian, yaitu:
Perawatan secara hardware, dan
Perawatan secara software
Perawatan secara hardware adalah menjaga semua priferal computer dari hal-hal yang dapat membahayakan priferal  itu sendiri, seperti debu yang dapat menghambat jalannya periferal bahkan apabila di biarkan akan merusak periferal itu sendiri.
Perawatan secara software adalah menjaga system operasi computer dari hal-hal yang dapat membahayakan system tersebut. Seperti sampah-sampah sisa penginstalan, virus, dan hal-hal yang dapat membahayakan so lainnya.

    1. SARAN

Setelah membaca makalah ini saya  harapkan kesediaan para pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun yang nantinya akan berguna dalam penyempurnaan makalah saya ke depannya. saya menyadari dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan karena kemampuan saya yang terbatas.masalah yang saya hadapi dalam pembuatan makalah ini adalah sulitnya mencari bahan materi karena jaringan internet yang kurang dan lambat.



No comments:

Post a Comment