DMCA.com Protection Status

Wednesday, August 17, 2016

Etika dan Kebijakan Penggunaan Jaringan


KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmatnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.

Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.



 Singaraja 28 Juli 2016

 Putu Diva Indrawan






DAFTAR ISI








BAB I

PENDAHULUAN


    1. LATAR BELAKANG

Keamanan jaringan adalah bentuk pencegahan atau deteksi pada hal yang bersifat gangguan dan akses tak seharusnya pada Sistem Jaringan Komputer. Langkah-langkah pencegahan membantu menghentikan pengguna yang tidak sah yang disebut “penyusup” untuk mengakses setiap bagian dari sistem jaringan komputer . Tujuan Keamanan jaringan computer adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan komputer berupa bentuk ancaman fisik maupun logik baik langsung ataupun tidak langsung mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan computer.
Keamanan jaringan sangat penting dilakukan untuk memonitor akses jaringan dan mencegah penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak sah.

1.2. RUMUSAN MASALAH

1. Jelaskan apa itu etika penggunaan jaringan!
2. Jelaskan apa itu kebijakan hak akses penggunaan jaringan dalam  organisasi!

1.3. TUJUAN

1. Dapat mengetahui etika dan kebijakan dalam penggunaan jaringan



BAB II

PEMBAHASAN


2.1. Etika Penggunaan Jaringan

Setiap kita melakukan suatu kegiatan pasti ada aturan atau etika yang harus dilakukan, karena jika tidak bisa berdampak negative bagi kita sendiri maupun orang lain. Begitu juga saat menggunakan jaringan kita juga harus memperhatikan etika- etika yang berlaku. Diantaranya etika tersebut adalah :
  1. Memahami Akses Pengguna
  2. Memahami kualitas daya Organisasi
  3. Pengaturan penempatan sub-organ

2.2. Kebijakan Hak Akses Penggunaan Jaringan Dalam Organisasi

Kebijakan organisasi dalam ruang lingkup keamanan jaringan adalah suatu kebijakan organisasi, istansi atau lembaga dalam ruang lingkup keamanan jaringan untuk akses pada sistem jaringan di tempat tersebut. Beberapa contoh dari kebijakan organisasi yang bisa diterapkan di rumah sakit adalah :
  1. Tata kelola sistem computer rumah sakit
  2. Pengaturan kerapian pengkabelan pada jaringan rumah sakit
  3. Pengaturan akses wi-fi rumah sakit
  4. Manajemen data organisasi rumah sakit
  5. Sinkronisasi antar sub-organ pada jaringan rumah sakit
  6. Manajemen Sumber Daya jaringan rumah sakit
  7. Maintenance & Checking berkala jaringan rumah sakit
Kebijakan Mengakses Komputer
Dalam suatu kebijakan pengguna jaringan, tidak jarang juga terdapat kebijakan pengguna saat mengakses computer, diantaranya adalah :
  1. Manajemen pengguna
  2. Manajemen sistem komputer
  3. Manajemen waktu akses






BAB III

PENUTUP


3.1. KESIMPULAN

Jadi, keamanan jaringan adalah bentuk pencegahan atau deteksi pada hal yang bersifat gangguan dan akses tak seharusnya pada Sistem Jaringan Komputer. Langkah-langkah pencegahan membantu menghentikan pengguna yang tidak sah yang disebut “penyusup” untuk mengakses setiap bagian dari sistem jaringan komputer
Dalam kebijakan organisasi di rumah sakit (khususnya ruang lingkup keamanan jaringan), bentuk pengamanan akan jaringan haruslah selalu realtime terjaga agar tidak ada penyusup yang masuk kedalam system jaringan yang dengan sengaja mengambil data-data penting rumah sakit. Untuk itu, perlu adanya pengamanan yang lebih dan perawatan berkala terhadap keamanan jaringan.
Etika menggunakan jaringan bertujuan untuk memberikan pembelajaran akan hal-hal negatif yang dapat timbul jika tidak berperilaku sesuai dengan aturan-aturan didalam jaringan computer.

3.2. SARAN

Setelah membaca makalah ini saya  harapkan kesediaan para pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun yang nantinya akan berguna dalam penyempurnaan makalah saya ke depannya. saya menyadari dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan karena kemampuan saya yang terbatas.




No comments:

Post a Comment